Sabtu, 13 November 2010

LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA MINI AWAL


LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA MINI AWAL
DI DESA HULUNG, KECAMATAN TANIWEL, KABUPATEN SBB

HARI/TANGGAL : KAMIS, 4 FEBRUARI 2010
WAKTU                  : PUKUL 19.30 WIT – 22.05 WIT
TEMPAT                 : AULA SD SMP NEGERI SATU ATAP HULUNG-KASIEH

A.    PERSIAPAN
Koordinasi antara mahasiswa Akper Kesdam XVI/Pattimura dengan tokoh-tokoh pemuda pada tanggal 2 Februari 2010 dan dengan Sekretaris Desa sebagai penanggung jawab sementara di Desa Hulung pada tanggal 3 Februari 2010 untuk memberitahukan jadwal kegiatan Lokakarya Mini yang akan dilaksanakan pada tanggal 4  Februari 2010 dan meminta dukungan untuk pelaksanaan lokakarya mini tersebut. Kemudian mahasiswa menghubungi semua anggota masyarakat  Desa Hulung dan Dusun Saweli untuk mengikuti acara tersebut.

B.     PELAKSANAAN
Pada tanggal 4 Februari 2010, mahasiswa menyiapkan tempat/ruangan, kursi, dan perlengkapan lainnya untuk pemaparan hasil pendataan, interpretasi data, penentuan masalah dan rencana kegiatan. Perlengkapan berupa laptop, LCD, pengeras suara, dll. Acara dimu7lai pada pukul 20.00  WIT, acara terlambat karena menunggu kehadiran anggota masyarakat hingga mencapai lebih kurang 50 % dari keseluruhan masyarakat tersebut. Pertemuan dihadiri oleh Sekretaris Desa, para tokoh masyarakat, direktur Akper Kesdam XVI/Pattimura dan tim supervisi, serta 83 orang masyarakat Desa Hulung dan Dusun Saweli, dan panitia penanggungjawab Lokmin Awal. Acara pertama dimulai oleh pembawa acara (Theresya Luturmas)  yang membuka sekaligus membacakan susunan acara, sambutan olek Kordes dan Korlap. Pada pukul 20.00 WIT acara pemaparan hasil pendataan, interpretasi data, penentuan masalah dan rencana kegiatan dipandu oleh moderator (Selphina Embuay) yang dimulai dari perkenalan mahasiswa. Materi I (pukul 20.15 WIT – 20.45 WIT) Pemaparan interpretasi data oleh Astrid Maitimu, kemudian pemaparan analisa data sampai dengan rencana kegiatan oleh Juanita Seay, dimulai dari pukul 20.45 WIT – 21.05 WIT yang dibantu oleh Frans P. Saija sebagai operator. Selain itu juga Tanya jawab dengan masyarakat tentang sumber dana yang diperlukan untuk melaksanakan rencana yang telah dipaparkan dan dibawakan oleh moderator. Tanya jawab berlangsung selama pukul 20.45 WIT – 21.15 WIT. Kemudian acara dilanjutkan oleh pembawa acara, sambutan oleh direktur Akper Kesdam XVI/Pattimura, dan sambutan oleh sekretaris desa yang mewakili Kepala Desa selama pukul 21.15 WIT – 21.45 WIT.  Dilanjutkan dengan doa oleh pendeta J. Lesiela, S.Th selama pukul 21.45 WIT – 22.00 WIT. Dilanjutkan dengan mencicipi alakadar yang ada

C.     PENUTUP
Pukul 22.15 Wit acara ditutup oleh pembawa acara

D.    EVALUASI
1.      Evaluasi Struktur
a.       Sarana pelaksanaan tersedia termasuk tempat alat-alat yang dibutuhkan mencukupi jumlah masyarakat yang hadir.
b.      Semua mahasiswa dapat bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan

2.      Evaluasi Proses
a.       Acara terlambat  30 menit dimana susunan acara awal dimulai pukul 19.30 WIT.
b.      Penyaji mampu melakukan penyampaian materi dengan baik serta memberikan umpan balik dan menjawab serta mengajukan pertanyaan.
c.       Peserta aktif bertanya dan mendengarkan serta memperhatikan penyampaian materi dengan baik.
d.      Semua peserta meninggalkan tempat setelah acara selesai.

3.      Evaluasi Hasil
a.       100% mengikuti acara dengan baik.
b.      Menjadi peningkatan pengetahuan para masyarakat melalui Pre dan Pos kegiatan
c.       100% mahasiswa melakukan pemaparan dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar