Sabtu, 13 November 2010

LAPORAN HASIL KEGIATAN PENDATAAN

LAPORAN HASIL KEGIATAN PENDATAAN
MAHASISWA PKL AKPER KESDAM XVI/PATTIMURA
DESA HULUNG KEC, TANIWEL KAB, SBB


 


HARI/TANGGAL                 : MINGGU, 31 JANUARI 2010
WAKTU                                 : 17.00 WIT-19.00 WIT
TEMPAT                                : DESA HULUNG

A.    PERSIAPAN
Koordinasi antara mahasiswa Praktek Kerja Lapangan (PKL) Akper Kesdam XVI/Pattimura dengan para pemuka Desa  Hulung dan Desa Kasieh beserta dengan Pembimbing Lapangan pada tanggal 31 januari 2010 untuk membicarakan waktu dilaksanakan kegiatan pendataan maka disepakati kegiatan pendataan pada warga masyarakat Desa Hulung.

B.     PELAKSANAAN
Tanggal 31 januari 2010 pukul 14.00 WIT seluruh mahasiswa PKL dikumpulkan di Balai Desa Kasieh untuk pembagian dan sosialisasi format pengkajian serta strategi pelaksanaan pendataaan, setelah itu 43 orang mahasiswa yang akan melakukan pendataan pada keluarga-keluarga di Desa Hulung kembali ke posko ( bertmpat di rumah sekretaris Desa) bersama dengan pembimbing guna membicarakan pembagian mahasiswa ke lokasi kerja. Berdasarkan kesepakatan mahasiswa dibagi dalam 2 ( dua ) RT. Dimana, RT 1 ditangani oleh 21 orang mahasiswa dan RT 2 ditangani oleh 22 orang mahasiswa.
Pendataan berlansung Pkl 17.00 WIT – Pkl 19.00 WIT. Namun, bertepatan dengan kegiatan ibadah maka pendataan diundurkan menjadi Pkl 19.00 – Pkl 20.00 WIT. Setelah itu, mahasiswa dikumpulkan dibalai desa Kasieh untuk melakukan apel malam, kemudian mahasiswa kembali ke posko untuk melakukan pentabulasian data.
Hari I pendataan, mahasiswa melakukan pengkajian pda 47 KK dan hari kedua 48 KK serta hari ketiga 10 KK. Dan tabulasi data dilakukan dari Pkl 12.00 WIT bersama dengan dusun Saweli, sehubungna dengan akan diadakannya Lokakarya Mini I maka tabulasi data harus selesai sebelum kegiatan tersebut dilaksanakan.
Tanggal 2 Februari 2010 Pkl 16.00 WIT panitia mahasiswa PKL Akper Kesdam XVI Pattimura Desa Hulung mengadakan pertemuan dengan Raja desa Hulung,Ketua Pemuda Desa Hulung, Ketua Ranting Angkatan Muda beserta dengan pengurusnya dan pemuda – pemuda desa Hulung. Pertemuan yang diadakan untuk meminta dukungan serta partisipasi dari pemuda pemudi desa Hulung dalam pelaksanaan kegiatan – kegiatan pembangunan yang akan dilaksanakan.
Pkl 20.00 WIT mahasiswa kembali ke posko untuk melanjutkan tabulasi bersama dengan mahasiswa – mahasiswi dari dusun Saweli, Pkl 05.00 WIT membuat analisa data sesuai dengan hasil tabulasi. Pkl 08.00 WiT – Pkl 08.30 WIT mahasiswa melakukan apel pagi pengecekan dibalai desa Kasieh. Pkl 10.00 WIT mahasiswa melanjutkan kegiatan – kegiatan yang belum terselesaikan, Pkl 12.00 WIT semua kegiatan untuk persiapan Lokakarya Mini awal selesai dan siap untuk dibahas bersama masyarakat desa Hulung.

C.     EVALUASI
a.       Evaluasi Struktur
-          Sarana Pelaksanaan tersedia termasuk tempat, alat – alat yang dibutuhkan untuk melakukan pengkajian fisik.
-          Semua mahasiswa bekerja sesuai dengan tugas yang diberikan

b.      Evaluasi Proses
-          Tanggal 31 Januari 2010 seluruh mahasiswa  dikumpulkan untuk pembagian serta sosialisasi format pengkajian serta melakukan strategi pelaksanaan kegiatan pendataan
-          Pkl 17.00 WIT – Pkl 19.00 WIT kegiatan pendataan sudah dilakukan, tetapi diundurkan dari Pkl 19.00 WIT – Pkl 21.00 WIT, hal ini dikarenakan adanya kegiatan ibadah
-          Mahasiswa mampu melakukan pengkajian materi dengan baik
-          Anggota keluarga memperhatikan serta mau mengikuti apa yang disampaikan mahasiswa
-          Mahasiswa mapu melakukan pendataan dengan baik
-          Setelah melakukan pendataan, mahasiswa kembali ke Posko untuk mentabulasi data berdasarkan hasil yang diperoleh

c.       Evaluasi Hasil
-          Dari hasil pendataan mahasiswa dapat memperoleh data dari masyarakat
-          Data yang telah didapat sudah ditabulasikan dan hasilnya yaitu

Tidak ada komentar:

Posting Komentar