Jumat, 12 November 2010

LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA MINI AKHIR

LAPORAN KEGIATAN LOKAKARYA MINI AKHIR
DI DESA HULUNG, KECAMATAN TANIWEL, KABUPATEN SBB

HARI/TANGGAL : JUMAT, 19 FEBRUARI 2010
WAKTU : PUKUL 19.11 WIT – 20.45 WIT
TEMPAT : BALAI DESA HULUNG

A. PERSIAPAN
     Koordinasi antara mahasiswa Akper Kesdam XVI/Pattimura dengan tokoh-tokoh pemuda pada tanggal 17 Februari 2010 dan dengan Sekretaris Desa sebagai penanggung jawab sementara di Desa Hulung pada tanggal 18 Februari 2010 untuk memberitahukan jadwal kegiatan Lokakarya Mini Akhir yang akan dilaksanakan pada tanggal 19 Februari 2010 dan meminta dukungan untuk pelaksanaan lokakarya mini tersebut. Kemudian mahasiswa menghubungi semua anggota masyarakat Desa Hulung dan Dusun Saweli untuk mengikuti acara tersebut.

B. PELAKSANAAN
     Pada tanggal 19 Februari 2010, mahasiswa beserta pembimbing lapangan menyiapkan ruangan, penataan kursi, meja dan perlengkapan lainnya yaitu laptop, LCD, Wireless, microphone, dll. Acara di mulai pada pukul 19.11 WIT, acara terlambat karena menunggu kehadiran Direktur beserta tim Suprvisi. Acara dihadiri oleh Kepala Desa berserta Sekertaris Desa, Tokoh Pendidikan, Tokoh Agama, Direktur Akper Kesdam XVI Pattimura, Tim Supervisi, Pembimbing Lapangan, serta masyarakat Desa Hulung dan Dusun Saweli, panitia penanggungjawab Lokmin Akhir, serta seluruh mahasiswa di Desa Hulung dan Dusun Saweli. Acara dimulai dengan pembukaan sekaligus pembacaan susunan acara yang dibawakan oleh MC (Claura M Pesireron) disusul dengan sambutan oleh Korcam dan Korlap. Pada pukul 19.25 WIT acara pemaparan hasil evaluasi kegiatan yang dilakukan oleh mahasiswa Akper Kesdam XVI Pattimura beserta dengan masyarakat di pandu oleh moderator (Florensi Pesiwarissa) dimulai dengan perkenalan mahasiswa. Materi I (pukul 19.30 WIT – 19.40 WIT) Pemaparan hasil evaluasi kegiatan dari Dusun Saweli oleh Renis A Masrikat disusul oleh pemaparan hasil evaluasi kegiatan dari Desa Hulung oleh Selpina Embuai dimulai pukul 19.40 WIT – 19.55 WIT yang dibantu oleh operator George Wangeraga diikuti dengan peresmian Tugu secara simbolis oleh Direktur Akper Kesdam XVI Pattimura ditandai dengan pembunyian sirene yang dipandu oleh MC.. Selain itu juga tanggapan dari masyarakat tentang hasil kerja yang telah dilakukan oleh mahasiswa. Tanggapan ini berlangsung selama 10 menit. Kemudian acara dilanjutkan oleh pembawa acara, sambutan oleh Kepala Desa Hulung dan Direktur Akper Kesdam XVI Pattimura sekaligus penutupan PKL mahasiswa Akper Kesdam XVI Pattiimura. Ditandai dengan pembunyian sirene. Selanjutnya penyerahan cendramata dari Direktur kepada Kepala Desa Hulung dan Ketua Panitia PKL kepada Kepala Dusun Saweli. Doa dibawakan oleh Majelis jemaat selama 10 menit dilanjutkan dengan penutup yaitu mencicipi alakadar yang telah disiapkan.

C. PENUTUP
     Pukul 20.45 WIT acara ditutup oleh pembawa acara

D. EVALUASI
1. Evaluasi Struktur
a. Sarana pelaksanaan tersedia termasuk tempat alat-alat yang dibutuhkan mencukupi jumlah masyarakat yang hadir.
b. Semua mahasiswa dapat menjalankan tanggung jawab sesuai dengan tugas yang diberikan
c. Alat pengeras suara (wireless dan microphone) tidak dapat difungsikan sehingga sedikit menghambat proses pemaparan hasil evaluasi

2. Evaluasi Proses
a. Acara terlambat 2 jam 11 menit dimana susunan acara awal dimulai pukul 16.00 WIT.
b. Penyaji mampu melakukan penyampaian hasil evaluasi kegitatan dengan baik dan lancar serta memberikan umpan balik.
c. Peserta aktif member tanggapan atas hasil evaluasi kegiatan mahasiswa PKL

3. Evaluasi Hasil
a. 95% acara berjalan dengan baik.
b. 100% mahasiswa melakukan pemaparan hasil evaluasi dengan baik

Tidak ada komentar:

Posting Komentar